Rabu, 01 Maret 2017

5 Alat Komunikasi yang Hilang di Telan Zaman




Alat komunikasi selalu melakukan transformasi setiap zamannya. Semakin canggih zaman, maka alat komunikasi perlahan akan mulai tergusur oleh alat komunikasi yang baru. Berikut serupedia akan mengulas 5 Alat Komunikasi yang Hilang di Telan Zaman.



1. Surat Merpati

Pengiriman pesan atua surat lewat merpati ini sudah terjadi pada zaman romawi kuno dan zaman persia kuno. Dimana pada masa itu burung merpati di latih untuk megirim pesan kepada pasukan militer mereka. Tapi pada zaman sekarang burun merpati sudah berganti menjadi burung biru atau twitter.


2. Telegram

Telegram adalah alat yang digunakan untuk mengirim pesan dengan cepat pada masa itu. Yang dimana cara kerja telegram ini menggunakan jaringan seperti kabel dan menggunakan kode untuk mentransmisikan suatu pesan dengan telegraf untuk menghubungkan suatu lokasi komunikasi dari bawah laut. Di indonesia sendiri pertama penggunaan pertama telegram ini pada tahun 1856 dimana yang menjadi saksi sejarahnya yaitu PT Telkom.


3. Pager
Sebelum handphone keluar kebanyakan orang memakai pager untuk berkomunikasi. Karena waktu itu handphone masih langka dan di bilang barang mewah dengan biaya yang sangat mahal. Sistem pengiriman pagger sendiri juga tidak seperti menggunakan handphone atau sms melalui handphone melainkan seperti sebuah penitipan pesan untuk si penerima melalui operator.


4. Telepon Umum
Telepon umum pada saat ini sudah jarang di temukan bahkan sudah langka. Jika di bandingkan pada saat dulu di mana era telepon yang sangat di butuhkan orang lain untuk berkomunikasi dengan membayar berupa koin untuk kisaran waktunya. Namun sekarang sudah tidak ada dan hilang di telan zaman.


5. Bis Surat
Di era 90-an kita masih sering mengirim surat atau ucapak selamat pada seseorang melalui bis surat ini. Namun semakin hari semakin hilang pula lah satu persatu pengguna bis surat ini. Memang tak bisa di pungkiri semakin hari zaman semakin berubah dan semakin canggih.

0 komentar:

Posting Komentar