Rabu, 01 Maret 2017

21 Bunga nan Indah dan Menakjubkan

21 Bunga nan Indah dan Menakjubkan


Puspa, Bunga atau Kembang Bunga atau kembang (bahasa Latin: flos) adalah alat reproduksi seksual pada
tumbuhan berbunga Fungsi biologi bunga adalah organ seksual, sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Bahwa bunga adalah analog dengan organ seksual pada hewan baru disadari secara ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.
Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Beberapa bunga memiliki warna yang cerah berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas, juga bertujuan memikat hewan untuk membantu penyerbukan.
Manusia sejak lama terpikat oleh bunga, khususnya yang berwarna-warni sehingga memiliki arti kultural. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagai tanaman hias.

Bunga Sakura

Sakura (桜, 櫻?) bersama dengan bunga seruni, merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar awal April hingga akhir April. Sakura dapat terlihat di mana-mana di Jepang, diperlihatkan dalam beraneka ragam barang-barang konsumen, termasuk kimono, alat-alat tulis, dan peralatan dapur. Bagi orang Jepang, sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.

Passion Flower

Passiflora atau Passion flower adalah sebuah genus tanaman berbunga tahunan lebih dari 500 spesies. Bunga ungu ini terdiri dari sepuluh kelopak. Hal terbaik tentang bunga ini adalah fakta bahwa ia memiliki tampilan yang unik dan sangat cantik. Tanaman ini juga memiliki nilai obat tinggi.

Gazania

Gazania adalah asli ke Afrika Selatan. Dikenal sebagai bunga keberuntungan. Hal terbaik tentang bunga ini adalah bahwa bunga ini tersedia dalam berbagai pola aneh daam warna-warna seperti ungu, pink, merah tua, dan kuning.

Plumeria

Plumeria atau di Indonesia dikenal sebagai Kemboja, merupakan sekelompok tumbuhan dalam genus Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai. Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier (1646-1706), pakar botani asal Perancis. Walaupun berasal dari tempat yang jauh, kemboja sekarang merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk Malaya, kemboja ditanam di pekuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat.

Magnolia

Magnolia adalah salah satu genus tumbuhan berbunga yang dikenal luas karena bunganya yang indah atau menyebarkan aroma yang harum. Nama genus ini diambil dari botaniwan Prancis, Pierre Magnol.
Marga Magnolia menunjukkan ciri-ciri evolusi primitif. Perhiasan bunganya tidak tersusun dalam lingkaran berlapis, seperti kebanyakan bunga, tetapi tersusun secara spiral. Fosil-fosilnya berumur sampai 20 juta tahun, sehingga diketahui bahwa Magnolia berevolusi lebih awal daripada lebah. Bunganya tidak dirancang untuk diserbuki oleh lebah tetapi kumbang.
Persebaran jenis-jenis Magnolia tidak kontinu. Pusat keanekaragaman utamanya adalah di Asia Tenggara dan Asia Timur. Pusat persebaran sekunder adalah di benua Amerika. Beberapa jenis Magnolia dikenal sebagai tumbuhan penghias kebun dan pelengkap upacara tradisional Nusantara, seperti cempaka dan kantil.

Colorado Columbine

Tumbuh tinggi di Rocky Mountains, Colorado Columbine adalah hadiah untuk menyambut para pendaki pegunungan setinggi 14.000 kaki di Colorado.

0 komentar:

Posting Komentar