Rabu, 01 Maret 2017

Djarum Superliga 2017, Turnamen Sarat Manfaat

Djarum Superliga 2017, Turnamen Sarat Manfaat
Djarum Superliga 2017, Turnamen Sarat Manfaat
Trofi Djarum Superliga Badminton 2017 (djarumbadminton.com)

Sepanjang pekan lalu, DBL Arena di Surabaya begitu gegap gempita karena gelaran Djarum Superliga Badminton 2017. Pasalnya, begitu banyak pebulu tangkis kelas dunia yang ambil bagian di turnamen tersebut, tak hanya dari Indonesia, melainkan juga beberapa pebulu tangkis dunia.

Pebulu tangkis asing yang tampil di ajang tersebut juga bukanlah nama sembarangan. Sebut saja pasangan juara dunia Ko Sung Hyun dan Shin Baek Cheol, kemudian pemilik medali Olimpiade seperti Lee Yong Dae dan Ma Jin, serta masih banyak lagi.

Tentu dengan kehadiran para pebulu tangkis top dunia itu memiliki keuntungan tersendiri bagi pemain-pemain Indonesia khusunya yang masih berusia muda. Mereka bisa melihat bagaimana sikap saat bertanding dan juga di luar lapangan seorang juara dunia atau seorang pemilik medali Olimpiade.

Misalnya saja Wahyu Nayaka yang membela Musica Champions. Pebulu tangkis spesialis ganda putra tersebut memiliki kesempatan untuk berpasangan dengan juara All England 2016 asal Rusia, Vladimir Ivanov. Selain Wahyu, mungkin sosok Gloria Emanuella yang paling beruntung. Bagaimana tidak, Gloria mendapat cukup banyak kesempatan untuk tampil bersama pemilik medali perak Olimpiade dan Juara Dunia, Ma Jin.

Djarum Superliga 2017, Turnamen Sarat Manfaat
Gloria saat berpasangan dengan Ma Jin (djarumbadminton.com)

"Mungkin kalau dari segi skill, Ma Jin masih sangat bagus bola-bolanya. Tetapi kurangnya power saja karena katanya dia sudah jarang latihan. Saya sih ambil positifnya saja di dua pertandingan kemarin, saya jadi lebih banyak mengcover lumayan juga buat latihan fisik biar lebih kuat," ujar Gloria seperti dikutip dari djarumbadminton.com setelah bertanding kontra Jaya Raya.

Bagi yang tidak mendapat kesempatan berpasangan atau bertanding langsung kontra pebulu tangkis top tersebut, bukan berarti mereka tak mendapat manfaat sama sekali. Paling tidak aura dan mental bertanding bisa dirasakan oleh para pemain muda Indonesia.

Tak hanya kehadiran pemain top dunia, seluruh insan tepok bulu di Indonesia -bukan hanya pemain dan pelatih- rasanya juga mendapat pelajaran berharga dari Djarum Superliga 2017 ini. Pelajaran tersebut datang dari tim Hokuto Bank Jepang. Tampil dengan nama-nama yang mungkin belum terlalu tenar di dunia bulu tangkis Internasional, Hokuto Bank mampu membuat kejutan dengan lolos ke semifinal, menyisihkan dua tim putri yang terbilang punya nama besar di Indonesia, yakni Jaya Raya dan PB Djarum.

Djarum Superliga 2017, Turnamen Sarat Manfaat
Tim Hokuto Bank mampu membuat kejutan di Djarum Superliga Badminton 2017 (djarumbadminton.com)

Hokuto Bank mampu membuktikan bahwa sebuah nama besar bukan suatu jaminan untuk bisa memenangi sebuah turnamen. Hokuto Bank memberikan pelajaran bahwa apapun bisa terjadi di dunia olahraga, asal kemauan, kerja keras, dan semangat juang terus ditampilkan sejak awal hingga akhir.

Djarum Badminton Superliga 2017 memang bukanlah sebuah agenda resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Tapi, kehadiran turnamen tersebut bisa dibilang sebuah ajang pemanasan yang sangat baik. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kehadiran pemain-pemain top dunia memberi manfaat tersendiri bagi pebulu tangkis Indonesia yang tampil di Djarum Superliga 2017 ini, salah satunya menjadi ajang persiapan sebelum All England Superseries Premier yang akan digelar pekan depan.

"Turnamen Ini jadi ajang pemanasan untuk All England Open nanti, karena di All England pastinya tidak gampang untuk menjadi yang terbaik dan harus benar-benar mempersiapkannya," ungkap tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie yang tampil membela Musica Champions.

Djarum Superliga 2017, Turnamen Sarat Manfaat
Jonatan akan tampil di All England Superseries Premier 2017 (djarumbadminton.com)

Jadi meski "hanya" bertajuk turnamen profesional, Djarum Superliga 2017 hadir bukan tanpa manfaat. Semoga para pemain Indonesia bisa mengambil pengalaman sebanyak-banyaknya dari turnamen tersebut, untuk meraih prestasi gemilang di masa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar